Minggu, 22 Juli 2012

Refleksi Kuliah Filsafat Ilmu

Refleksi kuliah FILSAFAT ILMU Pertemuan I Senin, 16 Juli 2012

     Kata Filsafat bukan kali pertama ini saya dengar. Sebelumnya saya sudah pernah mendengar namun masih dalam bayang-bayang. "Kebijaksanaan atau Kebajikan" itulah yang terlintas dalam benak saya waktu mendengar kata filsafat. Harapannya itulah yang akan saya pelajari pada pertemuan pertama kuliah Filsafat Ilmu di Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. 
     Pada pertemuan pertama kuliah Filsafat Ilmu harapannya adalah saya lebih mengetahui apa itu filsafat. sesuatu yang masih baru bagi saya. Dari segi pengertiannya saja filsafat itu banyak macamnya. Tidak ada suatu pengertian yang ajeg, semua tergantung yang mendefinisikan karena pada hakikatnya filsafat itu dinamis dan tidak statis. Belajar filsafat mempersiapkan diri kebalikan dari mempelajari ilmu lainnya. Belajar Filsafat itu dari yang terang bendera menuju ketidak jelasan.
     Filsafat itu adalah olah pikir namun bisa juga sebagai olah rasa. Belajar filsafat diawai dengan mempelajari adab-adab filsafat. Adab-adab Filsafat antara lain:
1. Spiritual
2. kesombongan
3. Membangun Hidup
4. Ilmu yang dimulai dengan pertanyaan
5. Kesadaran bahwa filsafat itu adalah isi sekaligus wadah
6. Bahasa filsafat adalah bahasa yang analog
7. Filsafat ada di dalam ruang dan waktu
8. Kontradiksi itu awal daripada ilmu.
Dari beberapa adab yang telah disampaikan paling tidak sedikit membuka pengetahuan saya tentang filsafat.
     Ada beberapa hal lain yang dibahas selain adab filsafat. namun inti pertemuan pertama adalah tentang adab filsafat. Semoga dengan mengetahui adab-adab filsafat di awal kita akan lebih mengetahui apa itu filsafat yang sebenarnya. Apapun yang kita pelajari tentang filsafat dan setinggi-tingginya ilmu filsafat yang kita miliki marilah kita meletakkan di bawah spiritual keagamaan yang kita miliki agar kita tetap menjadi mahluk tuhan dengan tidak mengedepankan otak daripada hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar