Senin, 16 Juli 2012

Melanjutkan Studi I

     Melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi siapa sih yang tidak ingin. Sebagian besar orang pasti ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
     Melanjutkan pendidikan S2 merupakan keinginan sejak lulus S1 tapi waktu itu belum ada kesempatan dan biaya. Alhamdulillah melalui Beasiswa P2TK DIKDAS dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan keinginan itu dapat terwujud. Bayangkan saja pemerintah mengalokasikan dana untuk membiayai 460 guru SMP se Indonesia dengan jurusan Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dengan rincian masing-masing program studi sebanyak 92 orang yang disebar di 4 LPTK yang ditunjuk. UPI di Bandung, UNY di Yogya, UNESA di Surabaya, dan UNM di Malang ditunjuk sebagai penyelenggara. 
     Diawali dengan mengajukan proposal lamaran beasiswa ke P2TK DIKDAS, yang kemudian dilanjutkan dengan proses seleksi administrasi, akhirnya terpilihlah Sejumlah guru yang bearasal dari seluruh Indonesia untuk mengikuti Seleksi Akademik yang dilaksanakan di Bandung pada tanggal 1 JUni 2012. Berbekal dengan informasi yang 'agak' mendadak berangkatlah saya dan lima orang teman guru sekota untuk mengikuti seleksi tersebut. Menggunakan pesawat dari Bandara Internasional Lombok (BIL) menuju Bandara Soekarno Hatta di Cengkareng kemudian dilanjutkan dengan travel ke hotel tempat pelaksanaan seleksi akademik di Bandung.
     Proses seleksi akademik terdiri dari 2 tahap yaitu  Tes Potensial Akademik dan Tes Bahasa Inggris. semuanya hanya dilakukan selama 2,5 jam. Dua setengah jam yang menentukan masa depan saya. Setelah melalui proses seleksi yang cukup singkat namun menentukan kami pun pulang ke Lombok. Tiga minggu setelah Tes hasilnya pun telah ada. Pihak Pusat telah menentukan sejumlah guru yang lulus seleksi dan berhak untuk mengikuti program beasiswa Pendidikan S2 ini.  Lagi-lagi dengan informasi yang agak mendadak kami menentukan nasib kami, apakah akan mengikuti program beasiswa ini atau tidak. Karena jujur saja informasi yang kami terima dari Jakarta hari Rabu 20 Juni yang berupa faks SK dan surat pemberitahuan menyatakan kalo kami harus mendaftar/ registrasi paling lambat hari Jumat 22 Juni. ALhamdulillah dari enam orang yang berangkat untuk mrngikuti proses seleksi, lima orang yang dinyatakan lulus seleksi dan berhak mengikuti program beasiswa S2 dari P2TK DIKDAS ini. Dari 5 orang yang  lulus, 2 orang ditempatkan di Unesa, 2 orang ditempakan di UM Malang, dan saya sendiri di UNY Yogyakarta. Walhasil dengan waktu yang sangat singkat kami berusaha mengurus semua surat-surat dan kelengkapan yang kami butuhkan meskipun tidak semuanya dapat kami urus dengan segera. (Bersambung. . . . .)

2 komentar:

  1. Salam,pak bisa minta email ny,,
    Saya tertarik dengan info beasiswa ini,krena saat ini kbtulan istri y ikut beasiswa,,td brusan saya mngirim berkas S2 ptk dikdas k jakarta..bnyk sekali Ўg ingin saya tnyakan,,mhn share pak stelah kt tau lulus administrasi,,ap Ўg mesti d persiapkan?kira2 untk tes akademik dmn??wkt tau lulus bpk d krim email y dari p2tk dikdas...msh bnyk Ўª♌g mw sy tnykan,,mksh

    BalasHapus
  2. Ini email saya pak isurefen@gmail.com
    Google+ saya suspended,,,klu bisa bls k email y pak ...klu ad  boleh jg

    BalasHapus